Sep 1, 2009

I think you should read this

yak! untuk post ke 380 gw, alangkah baiknya gw nge post sesuatu yang berharga, menyentuh hati, berbobot sedikit, ga geje2an tapi tetep fantastis dinamis eksotis bombastis. hemm. begini ceritanya.

kita semua uda tau kan, negara tetangga kita yang satu itu lagi2 berulah. lagi2 punya kita di claim satu satu (lirik lagu copy my style (again) nya saykoji :p) lagi2 apa yang bukan punya mereka di label in punya mereka. mencuri? nggak juga. karena barang ato budaya yang di curi masih aja tuh tetep ada di tempatnya. menyebalkan? oh.. sangat. jangan tanya. tadi aja pas di gym, tv nya nyala, ada berita tentang indo yang mau nge hak paten in semua budaya2 kita ke HAM. tapi emang berlaku cuma 50 tahun ato apalah gitu. gak gampang.

nah, gw jadi berpikir. sambil sit up (CIEEE) ih apa sih gue, jijik. gw jadi mikir. dari mana ya kita bisa ngeliat segi positive kejadian2 ini yang udah berulang2 terjadi? terus gw nemu 2 point. 

segi positive negara tetangga kita nge claim budaya kita :
1. kita jadi seperti diingatkan untuk menjaga budaya kita kedepannya.
2. kita jadi lebih kompak dalam menjaga dan menghargai budaya kita sendiri.

yang pertama. oke lah kita udah lalai beberapa tahun ini. kita udah nggak peka. nggak pernah terpikir sekalipun kalo ada sebuah negara ato sebuah kasus yang dengan hina nya nge claim budaya orang (yang udah jelas2 nih, bukan punya mereka) jadi punya mereka. seperti quote yang udah kita semua tau rasanya,

"kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda"

kita asumsikan kegagalan disini itu kegagalan menjaga budaya sendiri. okay. admit it. kita udah gagal. TAPI bukan berarti kedepannya kita nggak bisa ngelakuin apa2.

"you fool me once, shame on you. you fool me twice, shame on me"

jangan sampe kita dimanfaatin, kita dibodohin untuk kedua kalinya. kita udah dapet pelajaran saat kita di bodohin pertama kalinya. kita udah ngeliat kelemahan kita. kita kurang menjaga budaya sendiri. ya udah. untuk kedepannya, kita bisa mikir lah hal2 kecil yang bisa buat ngejaga budaya. 

jujur, gw sih masih belom kepikir upaya2 ato hal2 yang bisa dilakuin buat ngejaga. tapi bisa kan, misalnya, pemerintah ngebikin satu badan khusus pemelihara budaya, ato apa lah namanya, khusus memperhatikan budaya? gak gampang loh. secara, dari pljrn sejarah/pkn wkt itu, pulau2 yang belum bernama di indonesia jumlahnya belasan ribu. pulau2 terluar indonesia juga belom di jaga, di explore semaksimal mungkin. tugas badan itu ya untuk pelan2 membuat tindakan konkrit buat menjaga semua itu. 

thanks to negara tetangga kita, kita udah bisa prepare ourself untuk kedepannya.

yang kedua, kita lebih kompak, ini gw liat dari.. pengamatan. sejak batik di claim mereka, banyak banget dari kita yang jadi pake batik. batik keris yang di post2 gw dulu pernah gw bilang super sepi, sampe pas teacher's day loren semua guru pada pake batik buat promosiin batik keris, eh sekarang malah orang2 mulai berdatangan dan beli lagi batik2 buat mereka pake. cuma buat nunjukin identitas, batik itu punya indonesia, lho. secara nggak langsung, dan perlahan2, kita jadi lebih kompak kan?

pertama2 mungkin kita cuek. ah.. paling abis ini nggak ada ribut2 lagi. ah.. mungkin abis ini mereka sadar terus berhenti. DAN taunya... nggak. itu yang nggak tau diri. satu2 aja terus di ambilin punya kita. sampe budaya yang.. udah deh! nggak mungkin banget itu punya lu, berasal dari lu, diambil sama mereka ! gimana kita nggak panas? mulai dari tari pendet sampe borobudur. mikir, bung. dari mana asalnya kalo nggak dari indo? dengdong

semua orang indo jadi panas. geram. saykoji aja sampe buat lagu you copy my style (again). gw suka banget sama itu lagu. liriknya ngena banget. banget. dan lagu itu kan dengan mudah nya di denger sama semua orang. dengan bantuan teknologi, lagu + lirik makin mudah kesebar. gw rasa, semakin sering ato semakin banyak orang denger itu lagu, ato board discussion di forum2, orang, dengan sendirinya, jadi semakin kompak buat ngelawan negara tetangga kita yang satu itu. 

(kalo pada mau liat vdeo copy my style again, tapi ini emang buatan dia sendiri, bukan official music video)


ini liriknya (asli dari FB nya Saykoji)

download di sini:

http://www.zshare.net/audio/64667124cdeb1f8d/

here you go, the lyric:

reff
you copy my style 
you copy again
apa plagiat di negara lo lagi ngetrend?
ku tetap sabar tetap kau kuanggap friend
but sooner or later i gotta take my stand


udah bolak balik sampe balik kebolak
temen gue sampe keselek pas makan kolak
lagi lagi berulang ulang terus terjadi
tetangga bikin ulah lagi bikin sakit hati

suka ngaku ngaku kagak malu malu
punya indonesia di klaim satu satu
apa memang kalian yang gak mampu mampu
buat budaya sendiri efek gak ampuh ampuh

baca rambu rambu, bangsaku berbudi luhur
tapi usik terus, reputasi mu masuk kubur
jujur gue bangga jujur gue bersyukur
elo ngaku ngaku berarti progress lo mundur

panas ku bertutur kreasi bicara
walau sudah jelas identitas ku dijarah
joe farizal aja bisa minta maap
masa yang lain kagak nyadar kagak tanggap

reff

bukan mo sok nasionalis sombong mengangkat alis
bukan mo sok gangster bukan sok sadis
walau lagi ngetop bukan gue sok ngartis
tapi bales pake lagu paling praktis

marah marah di internet, udah pasaran
ngomel ngomel di pasar kagak sabaran
kaya cacing kepanasan jenggot kebakaran
rasanya gatel pengen ngasih tamparan

tapi gue orang nya cinta damai
walau rasanya sulit untuk santai
amunisi di samping nyiur melambai
pakai musik rap ku siap membantai

memang satu rumpun masih sama melayu
tapi melayu saykoji keras dan gak kemayu
selendang rocker ku agak mendayu
tapi coba ajak gue battle rap ayuk!!

reff

speaking about him, menurut gw dia salah satu musisi indonesia yang patut di contoh loh. liat aja notes2 dia di FB. ato status2 dia. nggak muna. langsung to the point. lagu nya berbobot. punya style, gaya yang khas sendiri. liriknya nggak gampang buat di tiru. i salute you saykoji :D

*

secara psikologis, kalo kita emang pengen tau alasan mereka nge claim budaya kita, karena mereka kekurangan budaya. mereka nggak punya budaya yang khas, yang bisa dijual. kalopun punya budaya, daya jual nya sedikit sekali. kecil sekali. kasian kan? karena mereka ngerasa nggak mampu berjuang dengan budaya sendiri, mereka jadi ngambil budaya yang mereka lihat PUNYA daya jual tinggi. NAH KAN! berarti segala macam budaya yang di claim dari kita, ternyata PUNYA! daya jual yang tinggi! kalo nggak, ngapain mereka nge claim itu semua? thanks to them, kita jadi sadar kalo kita sebenernya KAYA akan budaya YANG mempunyai DAYA JUAL TINGGI WOOOHOOO!!! :D SENANG DEH!

jadi buat apa marah2? ngapain kita ngomel2 sendiri? malah kita harus berterimakasih! karena dengan mereka ngelakuin hal hina itu, kita justru makin menghargai budaya dan lebih kompak. oh my God! itu udah berarti buat kita, ya kan? progress yang lumayan besar buat kita. thank you so much hey negara tetangga!

gw jadi inget. dulu, beberapa bulan lalu kynya, gw sempet ngeliat salah satu thread di kaskus yang nampilin iklan2 lama indonesia taun 60 ato 70an gw lupa. pokoknya lama dehh. ejaan masih ejaan lama. dari iklan Bata juga ada. itu loh, sepatu Bata. tau kan? terus, dari beberapa gambar iklan, (jadi di thread di tampilin gambar poster iklan gitu. paling ukuran A3) salah satunya ada iklan batik! ada 3 lembar iklan batik, lengkap sama model cewe lagi pake batik. nah, gw rasa itu cukup di jadiin bukti kalo dari dulu emang batik itu punya kita. si negara tetangga punya bukti itu nggak? mana buktinya kalo batik emang punya mereka? DENGDONG. yang malu siapa sekarang? HAHA!

tambahan dari bem2 waktu itu, dia sempet dapet speech bagus dari Dino, spokesperson nya presiden kita. yang intinya, biarin lah batik di bilang punya mereka. inggris juga gak marah pas bahasa inggris di jadiin bahasa internasional. malah ningkatin daya jual. lagian batik kita beda kok. batik kita tu bener2 satu2 di gambar pake tangan. bukan cuma di jiplak, di print ato whatever technique yang ada. mereka mencoba nge claim itu punya mereka, tapi justru mereka ngebantu ningkatin daya jual. yang rugi siapa sekarang? :D

bottom line, 
I LOVE INDONESIA :D:D:D

.van! 

No comments: