Aug 10, 2009

IRO 2009

well, IRO itu singkatan dari Indonesian Robotic Olympiad. jadi itu pertandingan robot se indonesia. nyokap gw selain ada les komputer, dia juga buka les robot. namanya robotkidz (yg selanjutnya gw singkat RK aja). bwekeke. terus, taun lalu RK uda perna ikut IRO juga di sensi. sayangnya, dari tim yang dikirim RK, belum ada yang jadi juara taun lalu. 

nah taun ini, IRO di bagi beberapa kategori. elementary, junior, senior, open category, sama tag off war. RK ngirim 9 tim yang terdiri dari 2 sampe 3 orang. termasuk si deva. soalnya si deva kan les di RK jadi dikirim aja deh. dia sama anak namanya anthony, les di RK juga, yang ternyata ade kelas dia di loren. trus, objective dari IRO itu, tiap tim harus design robot nya sendiri, nge program, dan nge jalanin. di jalanin nya di track khusus robot gitu deh. ada halangan, tembok2 nya gitu. si deva sama antoni gw rasa tim yg cukup kompak. kemaren, sabtu, mereka tu nginep dulu di hotel grand tropic semalem. soalnya disana mereka bisa latihan sama track robot yang udah di sediain panitia IRO. lucu banget dan bangga rasanya ngeliat banyak anak lari2an di lantai 25, tempat latihan kemaren, bawa2 robot sama laptop. nge program sendiri, dan puas pas ngeliat robot nya jalan sesuai yang mereka mau. 


tool box, and a little piece of.. thing that i made. taught by anthony! :p


just to picture how the competition is going to be like

kemaren gw ga ikutan nginep. yang nginep cuma peserta sama coach mereka doang. tapi malem nya gw ngunjungin deva dkk, secara nyokap harus ngunjungin tim nya yang ikut lomba besok nya (hari ini, minggu). terus, nyampe sana jem 7an kalo ga salah. anak2 udah mulai lari2an ke lantai 25 soalnya cuma bisa latihan disana. di kasih waktu latihan sampe jam 11 malem. selama deva dkk latian, gw sm bonyok di undang kayak.. presentasi dari panitia IRO tentang robot baru yang bakal di launch taun depan. keren deh robotnya. tadinya dari lego (oya, iro tuh robot2nya dari lego doang, dan bukan produk lain), robot yg baru ini dari metal! eh .. ya besi2 gitu deh hahaha. 


new robots, ready to launch

terus abis selesai presentasi (dan dinner yang enak aduhai dong ah) gw naik ke atas buat ngeliat deva latian robot beserta kawan kawannya. ternyata dari jem 7 dia blom makan dan itu udah jam stengah 10 an lah. bayangin aja kayak ruangan gitu, berisi 50an anak plus orang tua, pembimbing, sama kru tv yang bawa2 kamera gitu. gilaks ramee penuh banget. tapi si deva sama andrew tetep santai nge program robot mereka, terus nyoba di track. jadi, tantangan kali ini tuh si robot jalan (dan ngelewatin tantangan gitu2, belok sana sini) pas sampe jarak tertentu, mereka lempar bola pingpong ke ring gitu. sejenis basket mini lah buat robot. wekekek. pas latihan kemaren malem si deva gagal2 terus. entah dia kebanyakan belok, tralu dikit majunya, bola mental lagi, dan sebagainyaa. tp akhirnya kmrn hampir jam .. 11 an mrk brhasil sih wekeke. trus tidur de. trus gw sama bonyok pulang

nah hari sabtu itu tuh cuma latian, kan. hari ini, minggu, tu lomba benerannya di sensi. ya.. pasti gw sama bonyok dateng lagi. teacher nya nyokap gw yang ikut 8 orang. itu aja udah kewalahan. kemaren malem di hotelnya, mereka sekaligus jadi bebisitter. nelponin tim RK satu2 di tiap kamar.. uda makan belom.. cepetan tidur.. hahaha. andd today is the big daaay. gw dari jem 11 lewat uda di sensi! dari yang dateng masi dikit banget, sampe tadi sumpek banget, banyak banget yang pergi ke sensi hari ini gerrrr aaa! jadi .. waktu nya 2 jam buat para peserta ngelakuin hal yang sejenis sama latihan mereka. jalanin robot, masukin bola. tapi ya.. jalan nya agak di ubah dikit lah. gw males kan, cuma nungguin di antara orang2 sebanyak itu, terus ga keliatan apa2 juga, gw kan ga setinggi muges. wekeke. jadi gw jalan2 aja de di sensi. kapan lagi dari siang ampe malem di sensi (norak) ga deh. trus pas gw ngecek lagi ke arena lomba, gw tanya nyokap, si deva udah selesai! si deva dengan cepat tangkas cerdas pintar nya (jijik) berhasil jalanin tu robot, dan bola nya masuk! ke ring, dalam waktu 37 detik. dia langsung dapet nilai sempurna. 100. dan waktu masih 1 stengah jam-an. dan itu dia nyoba pertama kali nya. fantastis dinamis. ya uda gw uda seneng2 aja. soalnya, juara pertama nya.. KE KOREA! wuih. uda siap2 foto bareng kimbum (KAYAK KETEMU AJA GRRR) eh.. ternyata.. sistemnya.. kalo ada peserta lain yang bisa lebih cepet dari dia, nilai nya jadi bertambah.. trus tadi.. ADA YANG 9 DETIK! grrr. akhirnya... seiring berjalannya waktu deva jadi di urutan ke 4. itu masi gapapa karena urutan ke 4 tuh masih masuk final! ... di 2 menit terakhir.... ada peserta yang berhasil 31 detik. ngalahin deva 6 detik. jadi.. deva ga masuk final.. sedih yaa :( padahal deva yang pertama bisa loh. hiks. 


deva, score: 100, time: 0:37, first trial!

TAPI GAPAPA. soalnya dia juara 5 dari 68 tim. terus taun lalu malah dia peringkat 28 dari .. 50 tim. tetep ada taun depaaan! :D sapa tau taun depan ke london hahaha

terus tim lain, anak RK juga, ada yang jadi juara 3. jadi ya.. lumayan deh.. dari 9 tim.. 1 tim jadi juara 3 hahahaa. we'll be more well prepared next time :D bwekeke

TERUS GUA CAPE DEHHH. gila loh untung ga pake heelsss dari jem 11 sampe jem 7.30 di sensiii uwooo. 8 stengah jam. krik krik. mending nonton gitu di xxi. ini.. kaga hahaha. yauda lahh. 

besok aku les saxophone. karena hari kamis si mr tala mau performance di menteng. tiap rabu dia host acara di cafe gitu, di kemang. bwekeke. trus dia kenal pemain sax nya bukan 4 mata. eh iya. bukan 4 mata di ban lagi yea? kasian yaa. gara2 gitaris demasip tu. kasian si tukul :(  ah .. kaya kenal aja gw ama dia wbewkejwewueh . 

kelupaaan! td ada vierra di sensi. gw jg baru tau kalo hr itu mereka manggung. gw cuma tau 1 lagu, dan kebetulan.. ya lumayan suka lah. yg dengarkan curhatku. hehehe. trus gw agak tertarik juga sama si kevin aprilio. kayanya kul dan jago piano gitu kan hahha. ya uda tadi gw liatin aja mereka dari jauh. ternyata... suara penyanyi nya ga gitu bagus :( trs gw tau dari babay sm winday kalo dia selalu lip sync gitu lah. tp tadi sih ga lip sync. soalnya.. jelek hehehe. bukan gw sombong ato gimanaa tapi teacher nya nykp gw aja jg bilang, itu penyanyi nya lagi pilek apa gimana? tp gw asumsikan tadi kedengeran jelek karena masalah sm sound sistem jg sih hehehe. tp si kevin beneran kul kul gitu deh main piano nya. pas di panggil sama temennya, dari bawah panggung, kevin! gitu, dia cuma ngelirik, sama kasi senyum dikit gitu. gw pas liat dia. hahaha apa si gw kok jadi jijik gini.

terus barusan gw keinget sama lagu gita gutawa yang.. kau tak bisaa membuat ku menangis lagiii uwooo trus gw tanya veri apaan tu judulnya, dia bilang kynya bukan permainan. eh taunya bener. hahahaa. itu tiba2 ada di otak gw. inget kan kalo dulu gw pernah post list lagu yg tiba2 bisa ada di otak gw seharian? nah itu barusan ada di otak gw. padahal kan gw ga suka gita gutawa. lagunya juga cuma tau parasit sama bukan permainan. hahaha (semua juga tau nya 2 lagu yg terkenal itu doang hip zz) tapi gw agak percaya.. kalo lagu yg tiba2 kepikiran sm gw, itu yg di bawah sadar gw rasain. mxdnya, ada kemungkinan kecil, otak bawah sadar gw inget lirik dari tu lagu (padahal kalo di tanya skrg, gw kaga apal lah liriknya!) tapi, otak gw inget, dan lg cocok sama suasana hati gw cieeee hahaha nih liriknya :) maybe it's for the lucky guy on the recent post? :p who knows? heehee 

Bila nanti aku pergi
Jangan lagi panggil ku kembali
Bila nanti aku pergi
Takkan ada cinta kita lagi

Kita bisa balik lagi, pisah lagi
Apa kau mengerti
Bahwa ini bukanlah…
Bukan permainan… an…

Kau tak bisa buatku menangis lagi
Kau tak bisa buatku bersedih lagi
Tanpa aku kau akan baik saja
Tanpa kamu ku akan baik saja

Kau tak bisa buatku menangis lagi… ii…

Bila nanti kau sendiri
Jangan ingat-ingat aku lagi

Kita bisa balik lagi, pisah lagi
Apa kau mengerti
Bahwa ini bukanlah…
Bukan permainan… an…

Kau tak bisa buatku menangis lagi
Kau tak bisa buatku bersedih lagi
Tanpa aku kau akan baik saja
Tanpa kamu ku akan baik saja

Bila nanti aku pergi
Tanpa aku kau akan baik saja
Jangan lagi panggil ku kembali
Tanpa kamu ku akan baik saja

Bila nanti aku pergi
Tanpa aku kau akan baik saja
Takkan ada cinta kita lagi
Tanpa kamu ku akan baik saja

Kau tak bisa buatku menangis lagi
Kau tak bisa buatku bersedih lagi
Kau tak bisa buatku menangis lagi
Kau tak bisa buatku bersedih lagi

Bila nanti aku pergi
Jangan lagi panggil ku kembali

Bila nanti kau sendiri…
Jangan ingat-ingat aku lagi…

*

yasudah yasudah. oya, selamat kuliah (beneran) buat anak atmaaaa dan.. selamat masuk kuliah buat anak uphhh jangan lupakan sayaaaa saya jamuran di rumah uwohooo see youuuu when i see you :)

.van!

No comments: