Nov 22, 2008

DKV
(Design Komunikasi Visual)

Tadi di mobil, perjalanan pulang dari les gambar di rumah fani, gw ngeliat billboard di jalan. billboard itu tentang produk AC gitu. nawarin AC. tapi gw sangat benci, sangat.. tidak setuju sama line yang produk itu pake. mereka bilang: Indonesia jadi makin dingin. ga tau kenapa, gw sangat benci sama line itu. oya, first of all, this is my opinion. so if you dont agree with me, that's totally fine. I just want to say it, anyway. statement 'Indonesia jadi makin dingin' itu disertai background pegunungan, dan artis cewe itu pake baju dingin yang berbulu2 super lebay. hello?! produk AC lu gak bakal buat indonesia jadi super dingin, disertai salju dimana2, sampe penduduknya harus pake baju tebel, gitu. justru AC itu salah satu penyebab ozon bolong. which lead to: sinar matahari jadi lebih gampang masuk ke bumi, dan bumi makin panas. jadi statement itu is completely wrong! I know, emosi bgt gw, ga tau kenapa, gw sangat tidak setuju dengan iklan itu.

menurut gw seharusnya iklan AC itu bisa nunjukin sesuatu yang lain. sesuatu yang lebih.. realistis mungkin? ato lebih masuk akal. misalnya mereka bisa aja nunjukin kondisi rumah yang nyaman, dimana keluarganya duduk di satu ruangan sejuk. gak perlu lebay dengan suruh artis pake baju tebel, baju musim dingin. gw.. ntah ini bisa di bilang cita2 atau apa, gw pengen pas gede nanti, setelah kuliah, gw bisa bikin iklan yang bagus. iklan yang nunjukin kelebihan produk. iklan yang masuk akal. gw merasa, hal kayak gini bisa gw pelajarin kalo gw masuk jurusan Visual Communication Design. karena iklan adalah salah satu komunikasi visual. produsen mengomunikasikan produknya ke konsumen. mencari cara supaya konsumen percaya dan suka sama produknya. salah satu alasan gw bersikeras milih dkv buat kuliah. satu lagi, mungkin ini mimpi, dan semoga terkabul. gw pengen buat suatu produk dengan cinta. emang agak gimana.. gitu kesannya. tapi sekarang ini gw sering liat produk yang nipu. misalnya produk makanan. mereka buat bungkusnya gede banget, tapi isinya dikit. mungkin ada faktor supaya makanan nya tahan lama. tapi tetep aja, isinya dikit (maksa). atau bungkusnya nggak ramah lingkungan, susah di daur ulang, penyebab numpuknya sampah lagi. kasian kan bumi kita ini. bumi udah nyediain semua kebutuhan kita, tapi kita malah kasih sampah, dan nggak ngebalikin apa yang udah kita ambil. aduh gw ngomong sampe mana ini. ckck

gw pengen punya produk yang emang dibuat dengan rasa.. cinta. misalnya: cinta pada pelanggan. gw pengen konsumen seneng pas makan produk gw, jadi gw buat produk itu enak + bergizi. gw pengen anak2 suka sama bungkusnya, jadi gw buat bungkusnya gampang dipegang, gampang dibuka, desingnya bagus dsb. gw cinta lingkungan, jadi gw buat bungkus produk gw bisa di daur ulang, atau gak menyebabkan makin numpuknya sampah. emang, agak aneh sih mimpi gw, tapi ya, itu salah satu alasan gw pengen masuk ke jurusan dkv. gw gak pengen di dkv gw cuma belajar gambar, gambar, and more drawings. karena mungkin di pikiran banyak orang, dkv itu isinya cuma belajar gambar, dan nanti pas gede, ya kita cuma gambar2 doang. gw berharap gw bisa bener2 mengomunikasiin suatu barang secara visual. arti kata jurusan DKV sebenernya. hopefully gw bisa nemuin, dan masuk, dan lulus dari univ yang bisa ajarin gw skill2 buat kedepannya. caelah. sok wise amat gw.

HAAAH BESOK SABTU!
btw ciayo yaa yg mw tes kedokteran atma minggu besok. YOU CAN DO IT!
*udah siapin ladang, pasti Tuhan turunin hujan HAHA

happy friday!

.van!

No comments: