Nov 19, 2008

Being an older (or the oldest) child

Well, tiba2 pengen nulis post tentang how it's like to be a sister. more like, how it's like to be someone older, or maybe the oldest child in your family. kayaknya gara2 kemaren ngomongin ini bareng erika debi pas mehemehe jam projek fisika. gw tanya ke mereka, lebih pengen punya cc ato koko, since the three of us are the oldest child in our family. me, personally, I would like to have a big brother rather than a big sister. kalo gw dapetnya koko yg baek sih emg enak. enak cerita2, kalo dia siap dengerin. temen2nya ganteng, kalo dia emang punya temen ganteng. bsa disuruh anter2, kalo emang dia suka anter2 kita pake mobil. dan rasanya ada 1 org lagi yg siap belain kita abis2an beside our parents. menyenangkan kan rasanya? pathetically I can only dream of that.

anyway, since I am the oldest child, that makes me a sister to deva, my little brother. mungkin gw bisa nulis dari perspective seorang kakak. kadang, lu bisa benci setengah mati sama ade lu. tapi kadang, dia jadi adik paling menyenangkan dan lu sayang banget sama dia. there are times, dimana kita sebagai kakak sebel sama dd kita. misalnya, dia minjem barang tanpa bilang, this happens to me like all the time. gw udah sering kasi tau dia, marahin and so on, tapi dia gak pernah ngerti. dia ambil barang gw, gak kembaliin, gak bilang pula. akhirnya gw cari2 barang itu sendiri, dia gak peduli dia pernah pake ato gimana. terus itu juga adalah contoh dd yang suka se enaknya. mungkin karena mereka bukan anak tertua, bonyok kita lebih manjain mereka, mungkin. dan kita, sebagai yang paling tua, pasti dikasih tau kalo kita kadang harus ngalah dan ngerti kalo mereka lebih muda dari kita. lebih kecil. tapi kalo kita ngalah terus, mereka yang keenakan. mereka yang salah, ngadu, kita yang dimarahin. bonyok gak dirumah, dd kita gak belajar, kita lagi yang dimarahin. bilangnya, kok gak suruh dd kita belajar. or do something usefull. oh my. berat sekali menjadi seorang kakak. ditambah lagi kalo dd kita udah semakin besar, semakin pintar, dan semakin nyolot. oh dear God. kadang gw cuma bisa mengelus dada *sok dramatis*

tp coba kita liat ke sudut pandang dd kita. well, they obviously are younger than us. somewhat they have been told to give respect to us, the older. mereka udah coba respect, tapi kita justru salah gunain itu semua. kita justru kadang suka seenaknya terhadap adikadik kita. misalnya, suruh dia ambilin air minum. suru dia nyalain tv, padahal kita yang nonton. suruh dia pushup seribu kali, dan kita ketawain (lu aje hip). they do feel under hell of pressure. mending kalo dd kita extrovert. kalo dia introvert? jadinya di pendem doang segala kekesalan mrk sama kita, dan kalo udah numpuk, believe me, bakal meledak. and that's definitely not good for them. kita sebagai kk cenderung ngerasa selalu bener. mereka may have opinions, but not as good as ours. or not as important as ours. kasian, kan?

well, kita sebagai yang lebih tua jelas gak bisa gitu terus. advantage dari punya dd itu, somewhat they are a good listener. mungkin emang mereka ga tau harus ngapain, jadi diem aja pas denger kita cerita. gw sering cerita2 sm deva kalo lagi di mobil pagi2 pergi ke skolah. dia ga pernah protes, malah kadang antusias. dia kadang bisa inget semua cerita gw, nama temen2 gw. kalo gw lagi jalan sama siapa, dia bisa tanya, 'itu si ini yah, kak?' ga tau deh gmn dia bisa inget nama temen2 gw. kadang kalo gw sama dia harus kerjasama buat nutupin suatu hal, ato apa lah, to our parents, he can do it. since kita sama2 di posisi sebagai anak. it's easier to understand, I guess. the most important thing of being older is, we are their role model. sadar ato nggak, mereka niru kita. they copy what we do, they copy what we like, they copy almost everyhting. and the next thing you know is they're somewhat like you. kalo gw, dari jaman gw suka hsm, dia juga suka. lagu2, dia tanya dari gw. gw beli pensil, dia juga. gw bljr gitar, dia juga. dari situ mungkin kta bsa belajar how to become a better person. karena kita tau, dd kita tuh mencontoh kita. well, that's some kind of advantage for us, isn't it ?

ah kalo ipa bsk ga ada ulangan gini nih. mikir kejauhan. brzt. udah ah haha
mau mehemehe aja di kamar
see ya! :D

.van!

No comments: