Feb 20, 2010

Too blind to see

halo!

sorry for late updates, tapi gw emang lagi agak males nge post apa2. hahaha. terus sekarang gw udah di melben lagi, tadi pagi sampe jam.. 10 kayanya. ya itu lah. hahaha. terus I miss home already :) hehehe.

"liburan" gw ke Jakarta kemaren lumayan berkesan. gw kayak bisa liat kalo gw udah belajar lumayan banyak hal (life value gitu, bukan pelajaran sekolah erk) dalam 5 bulan ini. dari september sampe detik ini. let me list what I've learnt so far.

1. Studying abroad is not as easy and as fun as it looks.
bukan mau memberi kesan negatif ato gimana, tapi ternyata belajar dan tinggal jauh dari rumah itu hell sangat susah dan nggak seneng2 melulu. emang, gw akui, dulu sebelum ngerasain yang namanya tinggal sendiri, gw bener2 pengen cepet2 ke melben dan ninggalin rumah dan sering banget ngeluh soal ini itu. tapi, begitu gw harus ngehadepin ini semua sendiri, jauh dari orangtua, rasanya uda bener2 kayak mau ngelahirin 8 anak (berasa tau rasanya aja). jujur, sampe sekarang pun gw belom ngerasa siap tinggal sendiri tanpa bonyok gw. karena mereka itu super helpful dalam almost semua hal. advice mereka tiada duanya (berasa iklan). jadi bagi kalian yang mungkin ngerasa kenapa sih bonyok tuh ngatur2, dan pengen tau rasanya tinggal sendirian, mendingan energi lu digunain untuk berterimakasih buat yang udah ada di depan mata lu, your parents. 
iya, tinggal sendiri tu enak, mau pulang jam berapa aja ga ada yang "memantau", mau ke mana aja suka2 hati lu, mau makan ga makan, tidur jam berapa semua suka2 lu. tapi itu kalo lu punya self control yang baik. kalo misalnya lu tipe yang ngikut? si x ke sini lu ikut, si y ga tidur lu ikut.. kan kasian lu nya juga --" harus bisa ngontrol diri sendiri deh intinya. sama siap2 ngehadepin urusan apartment, electricity bill, apalagi kalo lu mau move in ke sini situ, hal2 kecil soal setting wi-fi di rumah lu, AC bocor, dan hal2 kecil lainnya yang nggak kepikiran buat lu urusin waktu masih di rumah karena ada orang tua lu. 
tapi above all that, gw cuma mau bilang gw merasa beruntung punya orang tua yang peduli dan masih mau bantu sebisanya, and I know semua orang tua pasti kayak gitu :)

2. Semua masalah bisa di selesaikan.
gw dapet ini dari bokap. pokoknya selama di indo beliau bantuin gw banyak banget deh dan dia bilang kalo gw ada masalah gw tu disuruh tenang karena gw harus percaya kalo semua masalah tu ada jalan keluarnya. nggak mungkin deh ga ada, pasti ada. kita tinggal cari tau aja jalan keluarnya tuh kayak apa sih, bentuknya apa, berapa lama prosesnya, tapi soon or later semua masalah tu bisa di selesaikan. emang kayaknya nggak penting kalimat itu, tapi buat gw itu bakal berguna in the future, karena kalo lagi ada masalah, gw bakal bilang ke diri gw kalo semua masalah tu pasti ada jalan keluarnya. semua masalah bisa di selesaikan.

3. Lu nggak akan pernah sendirian.
gw belajar ini dari temen gw, sih. udah rada lama juga gw tau yang ini. tapi baru bener2 keliatan selama 4-5 bulan terakhir ini. maksud dari statement diatas, disini I underline those who study abroad yah hehehe, kadang mungkin kita bakal ngerasa kalo kita sendirian, ngga ada temen, susah adaptasi, bener2 kekurung sendiri nggak bisa ngapa2in. tapi, tenang aja, ternyata nggak cuma lu yang ngerasa gitu. lu nggak se desperate itu, kok. kalo lu cari, mungkin lu bisa nemuin orang yang sedang merasakan hal yang sama atau lebih bagusnya orang yang pernah merasakan hal yang lu rasain. advantage nya lu bisa minta advice dari dia gimana cara ngatasin apa yang lu rasain, kan? gw sempet ngerasa totally alone, kayak susah banget buat adaptasi dan cocok sama orang orang di sekitar gw, tapi ujung2nya gw nemuin juga orang yang ternyata juga ngerasa kayak gitu! tempat, waktu, alasannya mungkin ngggak terduga, tapi kalo lu udah nemuin mereka mereka yang ngerasain hal yang sama, lu pasti lega setengah mati dan ngerasa lu nggak sendirian lagi :)

gw dulu terlalu sombong. gw kira gw itu cepet banget buat beradaptasi, jadi gw bakal enjoy2 aja life in melben sini. ternyata.. gw lupa kalo tetep aja in life, there are ups and downs. gw lupa kalo how bad or good our condition is, it will soon change. dan selama 4-5 bulan ini gw emang ngerasa ada masa2 yang bener2 seneeeeengg banget. bisa ketawa sampe kram pipi, bisa hurahura, seneng2. tapi ada juga masa2 yang bener2 down down down, sampe nangis2 tu ada loh. jadi ya... sampe sekarang gw masih harus berusaha sekuat kuat nya buat adaptasi and I know it's not easy but I am sure I can do it (boleh dong pede dikit hihi).

YAH ceramah sotoy lagi gw. tsk! terlalu sentimentil nih. baru nyampe udah homesick. aduh cepetan sekolah deh, biar ada kesibukan dan teman teman jadi gw nggak mellow gini lagi --" haha. oh well, selamat menjalani hari hari indah kalian! :)

*oh my! ketinggalan! satu lagi yang gw belajar dan related to my "Patrick" post, 
4. lu tau lu udah nemuin sahabat itu waktu kalian tetep nyambung dan nyaman walaupun di pisahin jarak, waktu, dan semuanya! :D

.van!

4 comments:

Clar said...

;)
thumbs up!

oneeye said...

cepet banget udah balik melb lagi.

van said...

@clar: thank youu :)

@oneeye: iya, kan gw masi fast track, jadi liburan nya juga cuma 3 minggu. ntar pas di uni... 3 bulan dongg hahaha :))

Unknown said...

like :)