Dec 26, 2009

nice to meet you

hello. sorry for the long postpone. sorry for not updating my blog for some time. sorry for not writing great valued post. okay, that's just too much sorry at one time. ngomong apa sih gw, gw jg ga ngerti.

hm. oh ya! Merry Christmas buat yang merayakan! :D semoga kado natal mu bagus2. hahhaha ga deh. hey you know what, all these times gw anggep spending times with family during christmas eve and christmas day is a common regular thing, that's easily forgotten. but now, waktu gw sendirian di negara tetangga, dimana keluarga gw ke blora, tempat lahir bokap gw, tempat tinggal oma sama beberapa sepupu gw, mereka berkumpul rame2 enak2 makan sate blora, soto blora, dan semuanya, gw disini sendirian experiencing my first orphan christmas. hell I miss spending christmas with family. 

what's your family tradition to celebrate christmas? mine is.. 'pulang kampung' ke kota kelahiran bokap ato nyokap. which is Blora (3 jam dari Semarang bagi yang nggak tau), or Malang (3 jam dari Surabaya bagi yang nggak tau juga; tp ada kok pesawat direct jakarta malang. hahaha). keluarga opaoma gw semua masi ada di dua kota itu. dan ga tau kenapa, belakangan ini sebelum ke ausi, gw bener2 pengen banget ke blora. karena udah lama banget gw gak kesana, gak ngunjungin oma gw, gak makan sate blora, gak makan soto blora, gak main2 di rumah oma gw yang... panjang (nanti ada ceritanya), dan gak main sama ke empat belas anjing sepupu gw. dulu, terakhir kali gw kesana, cuma ada enam anjing dan sekarang jadi empatbelas! well you can do the math for how long I haven't been there, then.

soal rumah oma gw yang panjang, gw gak tau cara describe nya gimana. mungkin luas, tapi memanjang. ngerti gak sih? hahaha.. jadi.. rumah oma yang di blora tuh.. mungkin tanahnya luas. tapi bentuk rumahnya memanjang. bener2 rumah jaman belanda. gw suka banget deh kesana. walaupun ga modern, not shiny and expensive, tapi homey and got loads and loads of memories for my father's family. pintu gerbangnya di depan. begitu masuk, di sebelah kanan ada bangunan gede, yang ternyata itu rumah burung wallet. iya. gw juga baru tau pas umur belasan ke atas. terus ada garasi, terus di kiri ada beranda. gw inget banget di sebelah beranda ada jendela gede, dan ada hiasan, harap di tekankan hiasan abal-abal, item super gede yang bikin gw takut setengah mati. hahaha. geli aja gitu ngeliatnya. hahaha. 

terus.. gw masi inget suasana rumah oma gw. sepi.. dingin.. gak serem woi, jangan mikir yang aneh2. hahaha. bener2 cozy. ruang pertama pas masuk tuh ruang tamu. i can tell itu ruangan menyimpan banyak history and mystery. seriously. ada rak buku sama bangku dari rotan. ato kayu gede ya? ya itu lah pokoknya. terus gw pernah liat an old photo dimana ada alm. opa gw lagi duduk di spot yang sama, entah ngobrol sama siapa. oya, opa gw dulu kayaknya veteran deh. hahaha. sayang I only spent a tiny little time with him :( but you're in better place now, I believe :)

ehm. sorry. terusss... oh! blora tuh kota kecil. jadi everybody knows everybody. oma gw bisa kenal sama si tukang sate super enak, dan bisa manggil dia ke rumah dan bakarin sate khusus buat kami sekeluarga. boleh nambah2 lah, boleh abisin seribu tusuk sate lah, boleh bantu kipasin lah, boleh jualan sekalian keliling kampung. ya enggak lah. tapi intinya, kami cucu2nya merasakan enaknya punya tukang sate pribadi. hahaha. biasanya malem2 tuh. lanjut ke denah rumah, setelah ruang tamu, ada 1 pintu, yang menuju ruang dalem yang panjang. jadi kayak lorong gitu.. di sebelah kirinya deretan kamar2, dan di kanan tu jendela sama taman. kamar pertama kayaknya kamar anak paling tua. bokap gw 6 bersodara. total kamar kayaknya 4. 3 buat anak2nya, 1 buat opaoma. ranjang bokap gw sama kknya tingkat! :) yah.. bayangin aja ada 4 kamar berderet vertical ke arah belakang gitu deh. setelah 4 kamar, ada ruang makan. setelah ruang makan, ada dapur. kamar mandi dimana yak? oh iya. di belakang kanan. gitu deh. jadi bayangin aja rumahnya nggak menyamping, tapi mengkebelakang -- bukan bahasa indo. HAHA, memanjang ke belakang deh. di depan kamar2 gitu ada tv sama sofa2. pokoknya gw suka banget. sama sepupu2 bisa lari2an di taman, masuk ke dalem rumah, keluar lagi ke taman, gila senang riang gembira. 

lalu!! di samping kiri rumah ada jalan kecil (masih di dalem area rumah) yang ... menuju ke belakang (dari tadi ke belakang melulu). dan di belakang itu isinya .. taman. bukan taman. apa ya... sepetak tanah luas yang di jadiin.. KEBUN. oh maygat. susah banget dah dapetin kata kebun. hahaha jadi inget si sarah adelaide. hahaha *kalo mau tau ceritanya, nanti aja deh. haha

nah, tepat di depan rumah oma, di depan pager nya maksudnya, adalah SMA negri bokap gw. iya, bokap dulu di sma negri. and I am still proud of him :) jadi dulu... (dan rasanya ini menurun ke gw), bokap gw baru bangun kalo denger bel sekolah dia. bayangin aja lu bener2 tinggal di depan sekolah. kayak loren sama sutra lavender. kalo bel baru bokap bangun, cepet2 sikat gigi cuci muka, lari ke depan. terus makan siang tinggal pulang terus makan masakan mama sendiri. betapa senangnya!! daripada sekarang, di loren, istirahat 30 menit, 29,5 menitnya di gunakan buat turun, antri, cari tempat duduk di kantin, heboh cepet2 makan, dan naik lagi. *ga selebay itu, I know. terus pas pulang sekolah, bokap bantuin oma kerja di toko deh. tapi "bantuin kerja" ala bokap itu seluncuran di beras dan jagung. hahaha. jadi toko oma gw tuh juga sedia beras sama jagung gitu deh. terus bokap sering ke tempat penyimpanannya, terus seluncuran sama temennya dari atas ke bawah. seru banget yah jaman dulu? kalo gw pulang sekolah seluncuran dari mobil febi ke clavius. selamet. hahaha

gw pengen tau juga gimana rasanya tinggal jaman dulu. waktu belum ada komputer, hp, ps, wii, dan semua teknologi yang bener2 addictive sekarang. I do admit it, it is addictive. I don't say that you're one of those guys who's addicted to technology, but me, my self, I do realize that hey, I am addicted to technology. pulang sekolah pasti buka fb. pasti msn. ga bisa bayangin gimana ga ada hp. kalo janjian sm temen di mall, cara hubunginnya gimana?? tapi, kalo dipikir2 lagi, kok orang jaman dulu bisa? our parents bisa cuy survive tanpa hp, bb, msn, fb, and stuff. mereka surat2an sama temen mereka. mereka beneran punya pen pall. kalo mau janjian nonton juga mereka tetep bisa. nyokap tetep "gaul" janjian sama temen2 nonton ato jalan2 kesana kesini. tapi kenapa sekarang kita beneran tergantung sama yang nyamanya hp dkk ya? gw sendiri heran. 

hm. lanjut. gw sih nggak malu ato gengsi buat ceritain kalo bokap nyokap gw tu dari kota kecil. kalo emang mereka emang nggak dari jakarta, kalo emang mereka masih ngomong bahasa jawa sama oma ato beberapa om tante, hey I dont care. I dont care where did they come from, wether in their childhood they could buy expensive things or not, I don't care their skin color, the shape of their eyes, hell I don't care. all that I care is for what they have been through to become such an amazing person, now. yang bisa mendidik anaknya, biayain segala macem, to plant all those life values in me. coba renungin deh betapa hebatnya orang tua kalian. mungkin kita lahir langsung berkecukupan. tapi itu semua jerih payah, woi. itu semua hasil belajar bokap nyokap lu. hasil kerja bokap nyokap lu. dari nothing, become something. wow aren't t they amazing.

I just wish I could be with them right now. this christmas. It will be so nice to spend christmas with them. I wish. I thought I was strong, but I'm nothing without them. mungkin lu jarang menghargai waktu lu sama mereka, tapi man you should've and you should start doing that. because you'll miss simple things that you never thought you will. that's all I'm saying.

aw. sorry kalo terlalu sentimentil ato terbawa suasana :) happy christmas!

.van!

No comments: