Dec 7, 2008

Prihatin Terhadap Film Indonesia

iya. gw dari prihatin sampe muak sama film2 indonesia. yang gw maksud film indo di sini tuh nggak semua, tapi beberapa film yang gak pantes untuk ditampilkan di layar lebar. sori2 aja ya, gw sebutin nih judulnya,
MBA, Tarzan ke kota, Merem melek, Kawin kontrak lagi, Mas suka masukin aja, Si jago merah, Pocong vs Kuntilanak, dan masi banyak lagi film2 yang gak pantes buat di tampilin di bioskop. gw bisa bilang gak pantes, bukan karena gw tontonin satu2. kurang kerjaan amat. tapi dari judulnya aja, lu udah bisa tebak lah itu film kayak apa.

gw selalu heran. selalu. kenapa ada aja orang yang suka dan pengen nonton film kayak gitu. setiap ada film horor yang baru, mereka pasti pengen jadi penonton yang pertama. kalo bisa kejar premier. yang lebih mengherankan lagi buat gw, apa tujuan, filosofi, atau dasar teori *erk* dari si pembuat film itu? kenapa mereka memilih untuk membuat dan memproduksi film kayak begitu?

waktu itu gw nonton HSM 3 bareng katrin&ines. sebelum film nya main, ada trailer film indonesia. dan gw sangat amat kaget ngeliat trailer itu. sayang sekali gw lupa judulnya apa. pokoknya film itu udah sangat terbawa budaya barat. you know. ada adegan cewe sama cowo kayak mandi berdua gitu di.. tengah sawah ato di desa gitu. dan trailer itu diputer di depan film hsm, yang udah pasti mayoritas penontonnya anak kecil sampe remaja. cerita lain lagi, dulu pas jaman2 nya film horor masih populer, bokap nyokap sm dd gw nonton d bioskop. gw gak ikutan. mereka udah duduk di dalem sebelum film mulai. munculah trailer2. kebetulan trailernya itu nampilin pocong jatoh dari atas (kata nyokap) dan bonyok+dd gw kaget stengah mati. mereka sampe gak mau masuk bioskop lagi, kalo trailer masih jalan dan film blom mulai. film+trailer kayak gitu kan justru sangat merugikan.

bukannya kasih nilai2 yang bisa di ditiru sama penonton, malah film indo menyuguhkan film yang bener bener sampah. ngerusak mata, pikiran dan hati. apa yang lu liat, akan lebih gampang lu inget. lu akan lebih inget kalo lu ngeliat suatu adegan, dibanding ngebaca adegan itu dalam bentuk tulisan. dan kalo otak dan mata lu di kasih film yang isinya sampah, otak lu bakal isinya sampah. sekarang semua lagi protes kenapa indonesia gak maju maju. kenapa kita selalu jadi negara yang tertinggal. tapi kenyataannya, orang orang di dalemnya aja bikin film kayak gini! mereka -pembuat naskah+director+produser film2 sampah indo- justru masukkin semua nilai negatif, dan adegan negatif ke mata penonton. kalo dari kecil udah terbiasa nonton film yang kayak gitu, bakal terbawa sampe tua. dan kalo generasi muda yang nantinya bakal membangun indonesia, udah nggak punya nilai nilai yang bener, mau jadi apa indonesia nanti?

emang ada film indo yang bagus. kayak pasir berbisik, aadc, petualangan sherina, sama laskar pelangi. tapi film bagus indonesia tu bisa diitung pake jari. wait, pake jari di satu tangan lu aja. kenapa bikin film bagus itu susah nya stengah mati, tapi film jelek begitu gampang dan mudahnya lulus sensor, dan jadi 'waiting list' di bioskop?

soal sinetron, I give up. udah speechless. dian sastro aja pernah nulis opini tentang sinetron indonesia, di kompas. katanya: saya mengalami sendiri bagaimana susahnya memperjuangkan satu film yang layak untuk di tonton. tetapi sinetron kejar tayang, yang siang shooting dan malam sudah di layar kaca sangat gampang untuk di lulus sensor-kan.
gw sangat setuju sama dian sastro. perbandingan film ato sinetron indonesia, yang bagus dan yang jelek, itu sangat amat jauh. mungkin 1 : 10. kayak jadi "tiket" gitu. setelah 10 film sampah, baru deh muncul 1 film bagus. terus harus tunggu 10 film sampah lagi, baru muncul lagi 1 film bagus. heran.

kalo memang per-film-an indo mau ngikutin budaya barat, ngikutin film luar, ngikutin hollywood, kenapa nggak tiruin yang positif aja sih? mau buat film romance? ikutin aja titanic. bukan ikutin film bokep nya barat. mau buat film action? ikutin aja sederetan film: bourne ultimatum, body of lies, eagle eye dll. mau buat film horor? jadi kuku kuda aja.
lagi pula kenapa harus ikutin budaya barat, kalau kita sendiri aja punya sejuta budaya yang bisa di tunjukin dalam film? kalo kita bisa tunjukin budaya2 kita secara maksimal ke dunia, mereka bakal takjub. TAKJUB. sama budaya kita. dan gak ada ceritanya negara lain nyuri budaya kita lagi. nggak akan ada. itu semua kalo kita bisa jaga + lestarikan budaya sendiri. emang susah, tapi coba berubah dari diri sendiri. when you change, everybody else will.

pokoknya gw dari sedih sampe muak dan udah nggak peduli sama film indonesia sekarang. please buat kalian yang bercita-cita jadi produser ato director, ato yang terpenting a script writer, please please, naikin rating dan standard, dan nilai-nilai film indonesia. because I couldn't live any longer with those kind of movies still playing on my favorite cinema. haaahh

.van!

No comments: