Sep 18, 2010

Talking About Music

kenapa lagu jaman dulu tuh lebih bermutu, lebih bagus, lebih berskill, dengan lirik yang bagus, aransemen sama komposisi lagu yang enak didengar? kenapa semakin maju kedepan, yaitu sekarang2 ini, lagu-lagu Indonesia justru semakin menurun dan bener2 jarang ada yang bagus dan bermutu? coba dengerin lagu2 ini. bandingin sama lagu2 "top hits" sekarang.








despite the video clip mungkin (yang dulu pasti udah superbagus juga), gw nggak perlu lah ya, kasih contoh lagu-lagu yang berkebalikan 180derajat sama yang gw kasih contoh di atas? kalian tau sendiri gimana pathetic nya keadaan musik Indo sekarang. baca juga deh comments yang di post di video2 itu. nggak cuma gw yang ngerasa musik Indo sekarang lebih amburadul daripada duluplease, jangan nambah lagi band2 ga jelas dengan lirik yang amburadul. contoh lah para musisi lama yang emang kreasi nya jenius dan karya nya masih enak didenger sampe sekarang kayak: Chrisye, Warna, Sheila on 7, KD, AB3, Barry Likumahuwa, Base Jam dkk. and believe it or not, kalo sekarang gw dengerin lagi beberapa lagu mereka, mungkin terutama SO7, gw bisa merinding dan bener2 ngerasa kalo mereka bener2 pake cinta untuk ngebuat lagu itu. sounds lebay, but hey, that's what I feel.

even though, gw gak bilang kalo semua musik Indo jaman sekarang tuh jelek semua. ya enggak lah. masih ada yang bagus. kayak Maliq, Yovie n Nuno, Ran, Glenn, Tangga, Tompi, Sherina, dkk. 

duh jadi pengen ngomong panjang lebar kan. tadinya padahal cuma mau ngepost video. hm. menurut gw gini. kayak misalnya ada 1 lagu ya.. okelah. gw ambil contoh. lelaki buaya darat nya ratu. menurut gw, itu aransemen, lagunya, basically bagus. catchy. tapi liriknya. plis deh. dari sekian juta kata yang bisa dipake buat lirik lagu, harus yah ngerangkai tiga kata jadi lelaki buaya darat? gw tau, semuanya juga balik lagi ke masalah market nya. masalah target market yang jadi aim para penulis lagunya. mereka tau kalo bakalan banyak orang yang suka sama lirik mereka. mayoritas bakalan suka. jadi mereka buat deh. sekalinya 1 orang udah berani buat lirik yang aneh2, itu bakal ditiru, di ikutin hampir semua band! coba aja perhatiin lagu2 lain yang liriknya kacau. bandingin sama lirik-lirik lagu jaman dulu. 

agak sedihnya, sekarang teknologi kan udah lebih maju, mestinya bisa dong bikin lagu yang jauh lebih bagus lagi dari jaman dulu? tapi yang gw liat justru kebalikannya. jujur gw heran kenapa lagu2 yang... aneh itu justru didengerin terus menerus sama orang2. justru karena mereka dengerin lagu itu, pasaran nya naik, lagu itu semakin terkenal, semakin jatoh juga citra industri musik indo, menurut gw.

gw males nulis lebih banyak lagi karena ga mau menimbulkan kontroversial hahaha. padahal uda ga bisa stop in tangan dari ngetik hahaha. terus gw juga mikir, gw tau apa sih. baru juga umur 18 stengah, belum pernah punya gesture musik besar apapun, udah berani ngritik mereka mereka itu. well, one thing for sure, mereka punya keberanian, sih. they've got the guts to record their songs and distribute it through out the whole country (despite how terrible their songs are). 

have a great weekend!

.van!

No comments: